Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan Canva dalam mendukung implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada praktikum bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan data-data yang ditampilkan secara deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi dengan cara peneliti melakukan praktik langsung di kelas untuk memperoleh data primer sedangkan teknik wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam model project based learning pada praktikum bahasa Inggris memberikan dampak positif terhadap kemampuan berbahasa dan kreativitas mahasiswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan Canva sebagai alat bantu dalam project based learning mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam mengembangkan proyek berbasis visual seperti presentasi dan flyer interaktif. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur Canva yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga mahasiswa dapat mengekspresikan ide dengan cara yang lebih menarik dan sistematis.
Copyrights © 2025