Krisis moral yang terjadi di tengah masyarakat saat ini telah menguji relevansi nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa. Mahasiswa sebagai generasi intelektual seharusnya menjadi ujung tombak dalam menginternalisasi dan mewujudkan nilai-nilai tersebut melalui pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila, mengidentifikasi hambatan implementasinya, serta merumuskan strategi pendidikan karakter yang kontekstual. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan kuesioner terbuka terhadap mahasiswa dari berbagai program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Pancasila dipahami sebagai nilai moral yang penting, praktiknya masih terbentur oleh gaya hidup individualistik, dominasi media sosial, dan minimnya keteladanan di lingkungan kampus. Mahasiswa berharap pendidikan karakter dihidupkan melalui kegiatan nyata, pembelajaran kontekstual, serta keteladanan dari tokoh kampus. Penelitian ini menegaskan perlunya pendekatan pendidikan karakter yang lebih membumi agar Pancasila tidak hanya menjadi hafalan, tetapi menjadi cara hidup yang nyata.
Copyrights © 2025