JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Problematika Guru dalam Pendidikan Inklusif Siswa Berkebutuhan Khusus Studi Kasus di UPT SMA Negeri 2 Pangkep

Fatwa, Muh. Nur (Unknown)
Ahmad, M. Ridwan Said (Unknown)
Arifin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif siswa berkebutuhan khusus di UPT SMA Negeri 2 Pangkep, dan 2) Upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan berjumlah 8 guru yang dipilih melalui purposive sampling, dengan kriteria mengajar di kelas inklusif dan aktif di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui member check, dan dianalisis dengan tiga tahap: kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru meliputi: a) kesiapan guru, b) keterbatasan pelatihan dan sumber daya, serta c) akses terhadap fasilitas. Adapun upaya guru mencakup: a) peningkatan kompetensi, b) penyesuaian metode pembelajaran, dan c) pemberian dukungan psikologis dan sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...