Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusif siswa berkebutuhan khusus di UPT SMA Negeri 2 Pangkep, dan 2) Upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan berjumlah 8 guru yang dipilih melalui purposive sampling, dengan kriteria mengajar di kelas inklusif dan aktif di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui member check, dan dianalisis dengan tiga tahap: kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi guru meliputi: a) kesiapan guru, b) keterbatasan pelatihan dan sumber daya, serta c) akses terhadap fasilitas. Adapun upaya guru mencakup: a) peningkatan kompetensi, b) penyesuaian metode pembelajaran, dan c) pemberian dukungan psikologis dan sosial.
Copyrights © 2025