JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pembangunan Pantai Indah Kapuk 2 sebagai Proyek Strategis Nasional (Studi Penerapan Society Centered Approach dalam Kritik Pembangunan PIK 2)

Abdurrahman, Muhammad Hilmi (Unknown)
Wanusmawatie, Ike (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penetapan Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) menimbulkan dinamika kebijakan yang sarat kontroversi. Di satu sisi, proyek ini digadang-gadang mampu mendorong investasi dan membuka lapangan pekerjaan. Namun di sisi lain, terdapat konsekuensi sosial dan ekologis yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang Utara. Penelitian ini menganalisis implementasi pembangunan PIK 2 melalui pendekatan Society-Centered Approach, yang menekankan pentingnya melibatkan masyarakat sebagai subjek utama dalam setiap tahap pembangunan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembangunan PIK 2 sebagai PSN memperlihatkan gejala disfungsi birokrasi dan mal-administrasi, yang tercermin dari intervensi kebijakan yang mengabaikan prinsip keadilan sosial, lemahnya pengawasan terhadap pengembang, dan kerugian yang dialami oleh masyarakat terdampak. Pembebasan lahan yang tidak adil, perampasan tanah produktif, serta minimnya kompensasi bagi petani lokal menunjukkan bahwa tujuan pembangunan yang seharusnya meningkatkan kesejahteraan, justru mencederai nilai-nilai pembangunan berkelanjutan. Studi ini menegaskan pentingnya penerapan Society-Centered Approach dalam penyusunan kebijakan yang beretika, partisipatif, dan berpihak pada masyarakat, untuk memastikan bahwa masyarakat benar-benar menjadi subjek utama yang dilibatkan dalam proses pembangunan, bukan hanya sebagai objek dari kebijakan pembangunan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...