Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keindahan dan kualitas layanan terhadap niat untuk mengunjungi kembali Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo selama bulan Ramadan, dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening. Meningkatnya niat untuk mengunjungi kembali dipengaruhi oleh kekhasan arsitektur, kegiatan keagamaan, dan layanan seperti distribusi takjil. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diperiksa dengan menggunakan validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier, uji Sobel, dan regresi linier berganda. Nilai R² yang disesuaikan sebesar 0,471 menandakan bahwa variabel daya tarik, kualitas layanan, dan kepuasan pengunjung mencakup 48% varians dalam niat mengunjungi kembali, sedangkan 52% sisanya dikaitkan dengan faktor eksternal yang tidak termasuk dalam model. Uji t menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung memediasi pengaruh keindahan (t hitung 2,346 > t tabel 1,98) dan kualitas layanan (t hitung 3,157 > t tabel 1,98) terhadap minat berkunjung kembali. Oleh karena itu, kepuasan pengunjung memegang peranan penting dalam meningkatkan dampak kedua variabel tersebut..
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025