Kualitas pelayanan perpustakaan merupakan aspek penting dalam mendukung kebutuhan akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini dilakukan sebagai bentuk analisis pengaruh faktor-faktor yang ada pada kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Kudus melalui metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan LISREL sebagai program yang membantunya. Penyebaran kuesioner pada 120 mahasiswa pengunjung perpustakaan dilakukan untuk mengumpulkan datanya. Penelitian ini menghasilkan temuan terkait adanya pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan (t-value = 3,63 > 1,96), sedangkan kompetensi pegawai tidak berpengaruh secara signifikan (t-value = 0,47 < 1,96). Model SEM yang dihasilkan memiliki nilai Goodness of Fit (GFI) sebesar 0,91, yang menandakan model ini cukup baik sebagai penjelas dari hubungan antara variabel yang diteliti. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas layanan perpustakaan lebih dipengaruhi oleh ketersediaan dan kualitas fasilitas dibandingkan dengan kompetensi pegawai.
Copyrights © 2025