JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Gamifikasi dalam Layanan Sosial: Inovasi Manajerial untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Miskin Kota Medan

SimareMare, Tricia Amanda (Unknown)
Nasution, Tania Eka Zahra (Unknown)
Siregar, Hairani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendekatan gamifikasi bisa diterapkan dalam layanan sosial untuk meningkatkan partisipasi masyarakat miskin di Kota Medan. Gamifikasi bukan hanya sekadar alat, tetapi juga sebuah inovasi manajerial yang dapat mengubah cara layanan sosial dijalankan, terutama dalam konteks masyarakat miskin di Kota Medan. Penelitian ini diharapkan dapat pengembangan kebijakan dan praktik layanan sosial yang lebih inklusif dan memberikan kontribusi bagi partisipatif. Nah, dengan pendekatan gamifikasi-yang pada dasarnya memanfaatkan elemen permainan seperti poin, tantangan, dan penghargaan-saya melihat adanya peluang untuk membuat layanan sosial jadi lebih menarik dan memotivasi warga untuk terlibat lebih aktif. Penelitian ini saya lakukan dengan metode kualitatif, melalui wawancara dan observasi, agar bisa memahami secara langsung bagaimana respon masyarakat dan pengelola program terhadap inovasi ini. Hasilnya cukup menjanjikan-ternyata gamifikasi bisa jadi salah satu solusi manajerial yang efektif untuk mengatasi masalah partisipasi, asalkan dirancang dengan mempertimbangkan konteks lokal dan kebutuhan warga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...