JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kompetensi Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang

Nisa, Khairun (Unknown)
Lestari, Tuti (Unknown)
Putri, Azza Nuzullah (Unknown)
Yanto, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Data dari PISA, penelitian terdahulu, observasi kelas, serta studi awal di SMPN 26 Padang menunjukkan bahwa literasi sains siswa masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan kemampuan ini, diterapkan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain kuasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design dan teknik purposive sampling. Subjek penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII, dengan kelas VIII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VIII.4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri atas soal literasi sains, angket respons siswa, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil uji beda rata-rata parametrik menunjukkan nilai thitung sebesar 8,0815 dan ttabel sebesar 2,0032, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Pelaksanaan pembelajaran model PBL tergolong sangat baik, dengan persentase keterlaksanaan sebesar 96%. Angket siswa menunjukkan respons positif sebesar 94%. Dengan demikian, pembelajaran berbasis masalah terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas VIII IPA di SMPN 26 Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...