JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Resiliensi Siswa Sekolah Dasar

Arianti, Nora Silvi Eka (Unknown)
Maksum, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Resiliensi merupakan kemampuan untuk beradaptasi dan pulih kembali setelah menghadapi kesulitan atau stres, yang diukur berdasarkan aspek kemampuan untuk mengelola emosi, mengatasi tantangan, dan bertahan dalam situasi sulit. Dalam proses pengembangan resiliensi ada berbagai faktor yang mempengaruhi, salah satunya aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara aktivitas fisik terhadap resiliensi siswa sekolah dasar. Subjek penelitian berjumlah 136 siswa kelas VI di 12 SD Negeri Kecamatan Ngluyu. Jenis penelitian ini survei non-eksperimen dengan desain korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner PAQ-C dan CD-RISC. Hasil analisis dengan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas fisik dan resiliensi siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,276 dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Aktivitas fisik memberikan kontribusi pengaruh sebesar 7,6% terhadap variabel resiliensi. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik merupakan salah satu faktor yang mendukung peningkatan resiliensi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...