Penerimaan diri pada orang tua dengan anak disabilitas mampu mempengaruhi perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana proses penerimaan diri orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas. Metode yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan narrative review yang menggabungkan temuan-temuan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan penerimaan diri pada orang tua dengan anak disabilitas. Kriteria inklusi dari kajian ini, antara lain; (1) artikel penelitian kualitatif, (2) subjek merupakan orang tua yang mengasuh anak disabilitas, (3) artikel membahas tahap proses penerimaan diri orang tua dengan anak disabilitas, (4) artikel diterbitkan dalam rentang tahun 2014-2024, penulis mencantumkan artikel-artikel yang diterbitkan dalam waktu 10 tahun terakhir guna memastikan bahwa penulis mencerminkan temuan-temuan terbaru dalam bidang ini; (5) artikel yang terpublikasi dan dapat diakses secara online. Adapun kriteria eksklusi dalam kajian ini, antara lain; (1) artikel penelitian kuantitatif, (2) artikel diterbitkan lebih dari 10 tahun. Hasil yang ditemukan adalah orang tua dengan anak disabilitas melalui fase penolakan, marah, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan dalam proses menerima keadaan anak. Setiap orang tua menunjukkan respon berbeda-beda dipengaruhi oleh pemahaman diri dan dukungan yang diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025