JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Digitalisasi Branding dan Pembayaran Pada UMKM Warung Lesehan Syadan Melalui Media Sosial dan Qris

Lado, Vinsensius Engelbertus (Unknown)
Nugraeni, Nugraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Sejalan dengan perkembangan UMKM di era digital ini mengharuskan pelaku UMKM untuk lebih ekstensif dalam mengadopsi teknologi digital. Pertumbuhan media sosial serta penggunaan E-Wallet terus berkembang dengan fitur terbaru yang berpengaruh terhadap cara berkomunikasi, dan melakukan transaksi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan pengguanaan media sosial sebagai branding usaha serta digitalisasi sistem pembayaran dengan QRIS sehingga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha Lesehan Syadan. Pengabdian ini diawali dengan observasi lokasi usaha, sosialisasi, pendampingan penerapan penggunaan media sosial dan QRIS serta tahapan evalusi dan monitoring. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa pelaku usaha mampu memanfaatkan media sosial secara optimal dalam meningkatkan branding usaha di kalangan masyarakat luas serta digitalisasi pembayaran dengan QRIS untuk mempermudah transaksi dan meningkatkan efisiensi pelayanan bagi pelaku usaha UMKM Lesehan Syadan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...