Penelitian ini berfokus pada pencapaian hasil pembelajaran kognitif peserta didik yang rendah, disebabkan oleh minimnya kemandirian dalam belajar akibat kebiasaan pembelajaran yang berorientasi pada peran guru. Siswa juga belum mengetahui cara membaca dan mencari informasi. Maka, diperlukan paradigma pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian dan dorongan meneliti siswa. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang menggabungkan etnosains adalah salah satu metode tersebut. Model ini mengajak peserta didik untuk berpartisipasi secara dinamis dalam rangka kegiatan dan penyelesaian masalah nyata yang sesuai dengan materi pelajaran dan kearifan lokal. Metode yang digunakan yaitu Quasi-experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design, populasi yaitu kelas VII MTsN 6 Kota Padang. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2.99 > 2.00 maka, H0 ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan adanya pengaruh model PBL terintegrasi etnosains terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.
Copyrights © 2025