JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Model PBL dengan Pendekatan yang Tanggap Budaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Kelas X Akuntansi Pada Materi Peluang

Putri, Dewanti Inesia (Unknown)
Adamura, Fatriya (Unknown)
Suparno, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian adalah dilakukan untuk mengetahui efektivitas model PBL atau pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan yang tanggap budaya atau CRT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK kelas X Akuntansi pada materi peluang. Metode penelitiannya adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan berturut-turut yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas X Akuntansi 3 di SMK Negeri 2 Madiun yang berjumlah 30 orang. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Serta jenis analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan berpikir kritis terlihat dari beberapa kriteria indikator, diantaranya : 1) interpretasi, 2) analisis, 3) evaluasi 4) inferensi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis meningkat di setiap siklus, pada siklus 1 diperoleh 56,46%. Kemudian, persentase di siklus 2 meningkat menjadi 60,16% dan persentase di siklus 3 meningkat menjadi 77,66%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...