JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Sistem Administrasi Klinik Fisioterapi Sultan dalam Meningkatkan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi

Melani, Hafzah (Unknown)
Samran, Samran (Unknown)
Gurusinga, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Sistem administrasi yang efektif merupakan elemen penting dalam mendukung pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem administrasi terhadap tingkat kepuasan pasien di Klinik Fisioterapi Sultan Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan model SERVQUAL dan melibatkan 35 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai sistem administrasi sudah cukup baik, terutama pada indikator keramahan petugas, kerapihan rekam medis, dan kemudahan pendaftaran. Namun, beberapa aspek seperti kecepatan pelayanan administrasi dan kejelasan informasi masih memerlukan perbaikan. Uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas sistem administrasi dan kepuasan pasien dengan nilai χ² = 11,707 dan p = 0,0035 (p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem administrasi yang efektif berkorelasi dengan meningkatnya kepuasan pasien. Oleh karena itu, penguatan sistem administrasi melalui digitalisasi proses pendaftaran, pelatihan petugas, serta penyusunan standar operasional prosedur (SOP) yang konsisten perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan layanan fisioterapi yang berorientasi pada kenyamanan dan kepuasan pasien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...