JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran TIK terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 9 Merauke

Hasnur, Muhammad Adityar Putman (Unknown)
Pandiangan, Nurlela (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada siswa SMP Negeri 9 Merauke. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh keterbatasan variasi media pembelajaran yang kurang merangsang motivasi belajar siswa. Video pembelajaran dipilih sebagai media inovatif yang mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa video pembelajaran memberikan dampak yang baik terhadap motivasi belajar siswa. Hasil wawancara juga menegaskan bahwa visualisasi animasi dan suara dalam video dapat meningkatkan fokus dan minat siswa, namun demikian diketahui bahwa pembelajaran langsung dari guru tetap penting untuk memberikan ruang diskusi. Penelitian ini menyarankan agar guru mengombinasikan video pembelajaran dengan pendekatan interaktif agar hasil yang diperoleh lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...