Latar belakang Pengembangan ukuran kepuasan pasien dalam pelayanan pemerikasaan HIV dan pemberian obat ARV perlu dilakukan pendekatan yang spesifik terhadap pasien. Pasien memiliki pengalaman kurang atau tidak menyenangkan, bahkan menakutkan ketika melakukan pengobatan pada puskesmas atau rumah sakit karena pelayanan yang didapatkan tidak maksimal dan cenderung merugikan pasien dan hal ini bisa mengakibatkan ketidakpuasan pasien. Tujuan agar pasien memahami pentingknya mengkonsumsi obat ARV tepat waktu. Metode Pelaksanaan adalah dengan melakukan observasi terlebih dahulu kemudia diberikan penyuluhan terkait kepatuhan mengkonsumsi obat ARV.. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat adalah pasien tahu serta memehamai pentingnya mengkonsumsi obat ARV tepat waktu. Kesimpulan : Kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kesehatan tentang mengkonsumsi obat ARV pada pasien dengan HIV/AIDS yang telah dilaksanakan didapatkan bahwa beberapa pasien memahami terkait cara dan waktu pemberian obat tersebut setelah diberikan edukasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025