JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Perbandingan Minat Belajar Bela Diri Pencak Silat Berdasarkan Gender Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK di SMKS NU Gresik

Saksana, Jagad Raga (Unknown)
Kristiyandaru, Advendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik pada pembelajaran PJOK materi pencak silat berdasarkan gender di SMKS NU Gresik. Jenis penelitian ini adalah survei dengan desain penelitian deskriptif-komparatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebesar 368 dan sampel sebesar 96 yang ditentukan dari jumlah minimal sampel 79 pada perhitungan rumus slovin. Pengambilan sampel di tentukan menggunakan teknik quota sampling untuk menentukan jumlah sampel yaitu pada kelas X 56 peserta didik dengan rincian 28 peserta didik laki-laki dan 28 peserta didik perempuan, pada kelas XI 40 peserta didik dengan rincian 20 peseta didik laki-laki 20 peserta didik perempuan, selanjutnya teknik simpel random sampling digunakan untuk memilih peserta didik secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian Secara deskriptif, minat belajar pencak silat peserta didik laki-laki memiliki rata-rata (17.83) yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik perempuan (16.52). Meskipun demikian, perbedaan ini tidak signifikan secara statistik berdasarkan hasil uji Independent Samples t-test (Sig. = 0.180). Meskipun tidak signifikan secara statistik, perbandingan total nilai minat belajar secara kumulatif menunjukkan minat belajar pencak silat pada laki-laki (856) lebih tinggi sekitar 7.94% dibandingkan perempuan (793). Hal ini memberikan gambaran deskriptif adanya kecenderungan minat belajar yang lebih besar pada laki-laki dalam sampel penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...