Tingkat kepuasan pembelian pada peserta didik Jurusan PIPS FKIP Universitas Lampung tahun ajaran 2022, 2023, serta 2024 terhadap kualitas produk di aplikasi Shopee menunjukkan hasil yang tergolong rendah. Penelitian ini berguna untuk mengkaji lebih dalam terkait pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pembelanjaan bagi pengguna aplikasi Shopee di kalangan mahasiswa PIPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2022, 2023, dan 2024. Jenis riset yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif serta pendekatan ex post facto dan survey. Riset ini memilih populasi dari seluruh mahasiswa aktif pengguna Shopee angkatan 2022, 2023, dan 2024 berjumlah 562 mahasiswa. Sampel yang digunakan riset ini sebanyak 85 mahasiswa dengan metode dalam mengambil sampel menggunakan nonprobability sampling. Observasi, wawancara, dan kuesioner merupakan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data. Uji syarat alat ukur, yaitu uji validitas dan reliabilitas instrumen. Sementara untuk uji persyaratan analisis data, peneliti menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Disis lain terdapat pula uji asumsi klasik, yaitu uji linearitas regresi, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu pengujian secara parsial dengan analisis data melalui perangkat lunak SPSS versi 26. Output dalam riset ini memperlihatkan bahwa tingkat determinasi sebesar 0,215 atau 21,5% bermakna variabel kualitas produk menyumbang separuh pengaruh terhadap kepuasan pembelian dan sisanya sebasar 78,5% didorong pengaruh variabel lain yang tidak diteliti oleh riset ini. Kesimpulannya, semakin unggul suatu kualitas produk yang ditawarkan oleh penjual di aplikasi Shopee, maka semakin unggul pula tingkat kepuasan pembelian yang diklaim oleh mahasiswa sebagai pengguna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025