Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Penerapan Model Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Konseptual Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 014628

Ismaini Sitompul (Unknown)
Nadya Amalia Juana (Unknown)
Susilawati (Unknown)
Nurul Hadawiyah Sitompul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi data dengan menerapkan model deep learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran deep learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN 014628 Pematang Sei Baru Kabupaten Asahan. Pemahaman konsep ditingkatkan dengan peserta didik belajar dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal latihan yang memuat indikator pemahaman konsep dan diberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKPD dan memahami materi. Persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I secara berturut-turut yaitu 63,39%; 75,41% dengan pencapaian tiap indikator yaitu; (1) menyatakan ulang konsep: 56,16%; 68,20%. (2) mengklarifikasi objek atau sifat sesuai konsepnya: 62,15%; 80,12%. (3) memberikan contoh dan bukan contoh: 81,12%; 86,15%. (4) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis: 54,12%; 67,15%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...