Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 3 (2025): Volume 8 Nomor 3 Tahun 2025 (July - September)

Profil Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Kolaboratif di SMA

Putri, Hanifa Nur Fidhia Andriana (Unknown)
Fatah, Abdul (Unknown)
Fathurrohman3, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran kolaboratif di kalangan siswa sekolah menengah. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan pengumpulan data seperti observasi, kuesioner, penilaian, dan wawancara. Partisipan penelitian terdiri dari 36 siswa dari kelas XI 4 SMA Negeri 6 Pandeglang, yang terbagi dalam 5 kelompok kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dikategorikan sedang hingga tinggi, dengan kefasihan dan fleksibilitas yang lebih menonjol dibandingkan orisinalitas dan elaborasi. Elemen kolaboratif dalam pendidikan memfasilitasi pengembangan ide di antara siswa melalui diskusi kelompok dan pertukaran strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif secara positif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, terutama dalam hal fleksibilitas dan kelancaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...