Dedikasi : Jurnal Pengabdian Lentera
Vol. 2 No. 07 (2025): Juli 2025

Penerapan Media Flash Card dan Game Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas 3 SD

Chandra, Nabila Azzahra (Unknown)
Safitri, Nur Atika (Unknown)
Adawiah, Robiatul (Unknown)
Saepi, Dinar Sulis Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas 3 Sekolah Dasar dengan memanfaatkan media flash card dan permainan edukatif. Proses pelaksanaan melibatkan observasi serta pelaksanaan pre test dan post test sebagai alat ukur efektivitas. Berdasarkan hasil pengukuran awal atau pre-tes, rata-rata capaian siswa berada pada angka yang kemudian meningkat menjadi 94,4% setelah pembelajaran. Kenaikan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan pemanfaatan media interaktif dalam pembelajaran dapat membantu siswa lebih memahami materi Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan. Program ini juga menjadi salah satu alternatif strategi mengajar yang dapat digunakan oleh guru ditingkat sekolah dasar. Dengan demikian, penggunaan media yang menarik sebagai strategi yang efektif untuk mengatasi kebosanan dalam belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DJPL

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences Other

Description

Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera diterbitkan oleh Lentera Ilmu Nusantara. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat dari berbagai macam disiplin ilmu yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. ...