JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 13, No 2 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan

Studi Fenomenologi Pengalaman Belajar Peserta MOOCS Manajemen Kemasjidan Di Laman Pintar Pusbangkom SDM Kemenag

Salsabila, Rizka Auliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman belajar peserta dengan menggunakan media video pembelajaran dalam mengikuti pelatihan Massive Open Online Courses (MOOC) Manajemen Kemasjidan di laman PINTAR Pusbangkom SDM Kemenag. Media video pembelajaran telah menjadi sarana yang kerap digunakan diberbagai kalangan dan juga dirasa efektif guna untuk mendukung pembelajaran diberbagai konteks, termasuk dalam konteks pelatihan profesional seperti MOOC. Pentingnya mengetahui perspektif peserta dalam menggunakan media video pembelajaran, dapat dijadikan sebagai masukan dan perbaikan di masa depan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dalam pendekatan studi fenomenologi, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara secara mendalam dengan Widyaiswara, PPID Balai Diklat Keagamaan Semarang serta peserta pelatihan MOOC Manajemen Kemasjidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti pelatihan, mengalami berbagai kendala, dan merasakan dampak positif dari pelatihan terhadap pengelolaan masjid. Saran yang didapatkan melalui pelatihan ini adalah peserta berharap mendapatkan wadah maupun forum yang disediakan PINTAR Pusbangkom SDM Kemenag sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan peserta lain maupun dengan instruktur dari MOOC

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...