Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SISWA KELAS III SD

Sembiring, Putri Kristianti br (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Pada era yang berkembang ini media pembelajaran yang digunakan haruslah menarik dan memanfaatkan penggunaan teknologi, agar mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Tapi kenyataannya banyak sekolah yang belum menggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan belum melibatkan teklologi didalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media ensiklopedia IPA berbasis Augmented Reality yang teruji validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Media ini diteliti dan dikembangkan dengan metode penelitian Research and Development (R&D) model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dissemination). Implementasi penelitian dan pengembangan dilaksanakan di SD Negeri 040462 Berastagi terhadap siswa kelas III yang berjumlah 36 orang, serta melibatkan tiga validator dalam menentukan validitas dan praktikalitas dari ensiklopedia IPA berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) validasi tampilan ensikopedia IPA berbasis Augmented Reality sebesar 89% dan validasi materi sebesar 97% dengan kedua skor penilaian tersebut masuk kedalam kategori “sangat valid/sangat layak”; 2) tingkat kepraktisan ensiklopedia IPA berbasis Augmented Reality yang dinilai oleh guru kelas III memperoleh persentase sebesar 90% dan angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 90% dengan kedua skor penilaian termasuk masuk dalam kategori “sangat praktis”; 3) tingkat keefektifan yang diperoleh dari selisih antara nilai posttest dan pretest yaitu sebesar 0,773 (masuk dalam kategori peningkatan pemahaman yang tinggi) serta 77,3% N-Gain dalam bentuk persentase menyimpulkan bahwa ensiklopedia IPA berbasis Augmented Reality ini masuk kedalam kategori yang “efektif” untuk meningkatkan hasil belajar. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa ensiklopedia IPA berbasis Augmented Reality ini dinyatakan layak, karena sudah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...