Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol. 9 No. 1 (2025): Juni

Peran Brand trust Sebagai Mediator Dalam Pengaruh User-Generated Content Terhadap Iphone Brand loyalty: The Role of Brand Trust as a Mediator in the Influence of User-Generated Content on Iphone Brand Loyalty

Nugraha, Mochamad Saddam Ilyas (Unknown)
Perdana, Oksa Wisnu (Unknown)
Miswanto, Miswanto (Unknown)
Biyanto, Frasto (Unknown)
Siregar, Baldric (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

AbstrakTujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh User-Generated Content (UGC) terhadap Brand loyalty dengan mempertimbangkan peran mediasi Brand trust.Desain/Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 107 responden yang pernah terpapar UGC terkait merek smartphone tertentu. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLSSEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.Temuan penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa UGC memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Brand trust dan Brand loyalty. Selain itu, Brand trust juga terbukti berpengaruh positif terhadap Brand loyalty dan memediasi secara parsial hubungan antara UGC dan Brand loyalty. Kontribusi Teoritis/Orisinalitas: Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan mendukung Stimulus-Organism-Response (S-O-R) dan Source Credibility Theory, yang menjelaskan bagaimana paparan informasi dari konsumen lain (UGC) membentuk persepsi kepercayaan terhadap merek, yang kemudian memengaruhi loyalitas konsumen.Praktisi/Implikasi Kebijakan: Temuan ini menyarankan agar perusahaan secara aktif mendorong dan mengelola UGC yang kredibel untuk memperkuat kepercayaan konsumen dan menciptakan loyalitas merek jangka panjang.Keterbatasan/Implikasi Penelitian: Keterbatasan penelitian ini terletak pada jumlah sampel yang terbatas serta ruang lingkup industri yang hanya mencakup produk smartphone. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi peran kredibilitas sumber UGC serta memperluas konteks industri dan segmentasi konsumen.Kata Kunci: Brand trust, Brand loyalty, Consumer Behaviour, Marketing, User Generated Content, Stimulus-Organism-Response Theory, Source Credibility Theory

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...