Guru perlu memiliki perencanaan pembelajaran dalam modul ajar yang efektif dan optimal membantu siswa sesuai dengan standar nasional pendidikan pada Kurikulum Merdeka. Salah satu strategi yang digunakan dengan merancang modul dengan model pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi literasi menggunakan media video interaktif. Hal ini sesuai dengan tujuan yang dilakukan dari kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman guru dan melatih guru dalam perancangan modul ajar. Pelatihan dilakukan pada 20 orang guru yang ada di Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur pada bulan Oktober 2024. Pelatihan ini mengadopsi metode pendekatan the Training Cycle. Proses pelatihan mencakup beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan latihan, serta evaluasi pelatihan. Dalam pelaksanaan pelatihan yang dilakukan peserta sudah mampu merancang pembelajaran diferensiasi terintegrasi dengan media video pada kategori baik. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa pelatihan berhasil dilaksanakan dengan rata-rata peserta sangat setuju 45% dan setuju 54% terkait pernyataan yang diberikan. Hal tersebut menunjukkan secara keseluruhan kegiatan PKM telah terlaksana dengan baik.
Copyrights © 2025