Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh E-LKPD Berbasis wordwall terhadap minat belajar peserta didik pada pelajaran IPAS di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berakar pada permasalahan rendahnya konsentrasi belajar siswa, yang berdampak langsung pada penurunan minat belajar, khususnya dalam pembelajaran IPAS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan rancangan quasi-experimental dan model questionnaire only control group design. Penelitian ini melibatkan 58 siswa kelas IV di SDS Islam Sunan Giri Ngunut sebagai sampel, yang diberikan perlakuan melalui penggunaan E-LKPD berbasis Wordwall dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri atas 20 item pertanyaan. Hasil analisis menggunakan uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi t sebesar -14,6 dengan derajat kebebasan (df) 56 dan nilai p < 0,001. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan E-LKPD berbasis Wordwall terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di sekolah dasar.
Copyrights © 2025