Melek IT: Information Technology Journal
Vol. 11 No. 1 (2025): Melek IT: Information Technology Journal

SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PADA PRAKTIK MANDIRI FISIOTERAPIMENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT

Edowardo, Muhamad Irfan (Unknown)
Firdonsyah, Arizona (Unknown)
Hardiani, Tikaridha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong digitalisasi di sektor kesehatan, termasuk dalam pengelolaan rekam medis. Pencatatan rekam medis di praktik mandiri fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta masih dilakukan secara manual, yang berisiko menimbulkan kesalahan, kehilangan data, dan keterlambatan administrasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi rekam medis digital untuk meningkatkan efektivitas dan akurasi pengelolaan data pasien. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD), karena memungkinkan proses cepat dan partisipatif. Sistem dibangun menggunakan PHP dengan framework CodeIgniter 4 dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing untuk mengevaluasi fungsionalitas sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi rekam medis pada praktik mandiri fisioterapi berhasil dikembangkan dengan menggunakan Metode Rapid Application Development. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan dengan metode RAD berfungsi dengan baik berdasarkan pengujian black box, tanpa ditemukannya bug yang memengaruhi kinerja. Dengan demikian, sistem dianggap siap untuk diluncurkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

melekit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of Information Technology is welcome, which includes, but is not limited to Information System in Application, Machine Learning & Soft Computing, Multimedia & Game Technology, ...