Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kepemimpinan berbasis nilai di SMP Muhammadiyah 56 Binjai dan dampaknya terhadap budaya kerja guru dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah data untuk memahami bagaimana kepemimpinan berbasis nilai, yang mencakup nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan, mempengaruhi budaya kerja guru. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan berbasis nilai di SMP Muhammadiyah 56 Binjai diterapkan melalui kepala sekolah yang mengamalkan nilai-nilai spiritual Islam seperti musyawarah, siddiq, amanah, fathanah, dan tabligh dalam setiap keputusan dan interaksi sehari-hari. Kepala sekolah juga mengadopsi sikap-sikap disiplin, egaliter, kolaboratif, konsultatif, dan loyalitas, yang menciptakan lingkungan yang mendukung dan harmonis. Kepemimpinan ini tidak hanya mengarahkan tujuan dan visi sekolah, tetapi juga membentuk sikap, perilaku, dan kinerja para guru. Budaya kerja guru di SMP Muhammadiyah 56 Binjai ditandai dengan tingkat kerja sama dan kolaborasi yang tinggi, komunikasi terbuka, dan rasa kekeluargaan yang kuat. Para guru menunjukkan kedisiplinan yang tinggi dan berusaha untuk bersikap profesional dalam segala situasi. Mereka tidak hanya fokus pada pengajaran di kelas, tetapi juga berperan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan sekolah lainnya, menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan perkembangan siswa secara keseluruhan. Kepemimpinan berbasis nilai di SMP Muhammadiyah 56 Binjai memiliki dampak signifikan terhadap budaya kerja guru. Dengan menekankan nilai-nilai seperti integritas, kolaborasi, dan tanggung jawab, kepala sekolah berhasil memperkuat komunikasi yang baik, kerja sama tim, dan motivasi intrinsik dalam mencapai tujuan pendidikan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kinerja guru secara signifikan tetapi juga berdampak positif pada kualitas dan prestasi keseluruhan sekolah.
Copyrights © 2025