Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui keterlibatan stakeholders dalam implementasi kurikulum merdeka di PKBM Samera Indonesia. Data penelitian dikumpulkan melalui cara wawancara kepada responden warga sekolah tentang efektifitas implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan kesetaraan di PKBM Samera Indonesia Deli Serdang. Hasil penelitian menemukan bahwa kurikulum merdeka telah efektif meningkatkan hasil belajar anak didik di PKBM Samera Indonesia. Selain kemampuan akademik yang sudah setara dengan Pendidikan formal, juga memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional. Selama Implementasi Kurikulum Merdeka keterlibatan kepala satuan sudah cukup baik dalam membimbing dan mengatur aktivitas pembelajaran di PKBM Samera Indonesia. Sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, Tutor memiliki kebebasan dalam merancang pembelajaran. Keterlibatan sekolah dan orang tua serta kerjasama dengan masyarakat sesuai dengan prinsip implementasi Kurikulum Merdeka. Secara umum perkembangan PKBM Samera Indonesia sudah efektif ditandai dengan hasil rapor pendidikan yang berada pada posisi hijau sebagai tanda berkembang dengan baik.
Copyrights © 2025