Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi kerja, kompensasi dan iklim kerja terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 34 guru. Untuk pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi dengan nilai signifikan 19.8%, (2) Kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 35.2%, (3) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 40.2%, (4) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 15.2%, (5) Iklim kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 24.1 %, (6) Kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi kerja, kompensasi dan iklim kerja berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Tebing Tinggi sebesar 63.1 %
Copyrights © 2025