Penelitian bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Tunas Pelita Binjai. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, peyajian data dan menarik kesimpulan.peneliti ini dilaksanakan di SMK Tunas Pelita Binjai dengan subjek peneliti dan objek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan guru. Hasil penelitian adalah manajemen strategi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi di smk tunas pelita binjai) meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: perencanaan strategis di SMK Tunas Pelita Binjai dilakukan melalui melalui perencanaan pada standart proses dan standart sarana prasarana yaitu merencanakan proses pembelajaran, pengembangan kompetensi tenaga pendidik, pengembangan kompetensi siswa dan perencanaan dalam pengadaan barang dan juga perbaikan peningkatan pembelajaran, dan peningkatan kualitas pendidik. Pelaksanaan strategi sekolah yang dilakukan melalui standart porses dan sarana prasarana yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran seperti membuat perangkat pembelajaran,melaksanakan MGMP dan wordkshop juga melakakukan pengadaan alat dan bahan pembelajranan dan juga perbaikan. Evaluasi strategis SMK Tunas Pelita dilakukan melalui rapat dinas, rapat dengan kepala sekolah dan komite, rapat khusus kepala sekolah dan wakil untuk melihat perubahan dari program yang telah dilaksanakan.
Copyrights © 2025