Dalam penelitian ini, ada sedikit guru yang menggunakan model pembelajaran bervariasi, yang mendorong siswa untuk memperhatikan pelajaran tetapi juga mengurangi keinginan mereka untuk berpartisipasi dalam pelajaran, yang berdampak negatif pada hasil belajar mereka. Studi ini menggunakan model pengajaran yang disebut Numbered Head Together (NHT). Studi ini bertanya: (1) Apakah paradigma pengajaran NHT dapat meningkatkan keinginan siswa SMP Negeri 1 Pasangkayu untuk belajar bahasa Inggris? (2) Apakah mungkin untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa SMP Negeri 1 Pasangkayu? (3) Bagaimana penerapan model pembelajaran NHT berdampak pada perilaku siswa? Metode tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, yang dilakukan dalam dua tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa meningkat dari 7,49% pada semester pertama menjadi 11,56% pada semester kedua; dan (2) prestasi siswa yang mencapai KKM meningkat dari 13 siswa pada semester pertama (40,63%) menjadi 28 siswa pada semester kedua (87,50%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas Bahasa Inggris kelas IX C.
Copyrights © 2025