Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 1 (Juli 2025 -

Redesign Feed dan Konten Video Instagram untuk Meningkatkan Minat Konsumen (Studi Kasus pada Usaha Konveksi Furqan Pin): Penelitian

Artha Rehwelda Lumban Gaol (Unknown)
Ahmad Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menerapkan redesign feed dan konten video Instagram sebagi upaya meningkatkan minat konsumen pada akun usaha konveksi Furqan Pin. Berdasarkan data awal, tampilan feed Instagram dinilai tidak menarik oleh 90% audiens dan tingkat interaksi pada akun tergolong sangat rendah akibat minimnya aktivitas. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Validasi konten dilakukan oleh dua ahli marketing dengan hasil penilaian rata-rata 86,67%, yang menunjukkan bahwa konten yang dikembangkan dinyatakan Sangat Baik dan layak untuk dipublikasikan. Setelah diunggah, konten menunjukkan peningkatan performa yang signifikan, berhasil menjangkau 855 akun dan memperoleh 1.154 total interaksi. Hasil kuesioner minat konsumen berbasis model EPIC juga menunjukkan respons yang sangat positif dengan skor rata-rata untuk setiap dimensi: Empathy 4,36%, Persuasion 4,38%, Impact 4,31%, dan Communication 4,44%, yang seluruhnya termasuk dalam kategori Baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi redesign yang sistematis efektif dalam meningkatkan kinerja media sosial bisnis, terutama dalam membangun kembali daya tarik visual dan meningkatkan minat konsumen secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...