Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 7 No. 1 (2025)

Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi pada E-Commerce Blibli.com

Santosa, Dimas Fadhilah Aprilian (Unknown)
Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan yang teruji di Blibli.com tentang pengaruh: (1) electronic word of mouth terhadap brand image, (2) electronic word of mouth terhadap minat beli, (3) brand image terhadap minat beli, dan (4) electronic word of mouth terhadap minat beli melalui brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain riset kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen di Blibli.com dan objek dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth, brand image, dan minat beli. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen dan metode kuesioner, serta dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, (2) electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan (4) brand image memediasi penuh pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli pada Blibli.com.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Prospek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, ...