Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi melalui penggunaan aplikasi Webtoon. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas X TJKT 1 SMKN Bali Mandara dan guru Bahasa Indonesia. Objek penelitian meliputi langkah-langkah penggunaan aplikasi Webtoon, hasil menulis cerita fiksi, dan respons siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai menulis siswa adalah 74 dengan 43,48% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP). Pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 86 dengan 95,65% siswa mencapai KKTP. Siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan Webtoon, yang dinilai lebih menarik dibandingkan metode konvensional. Webtoon terbukti efektif dalam membantu siswa memahami struktur cerita fiksi dan mengembangkan kreativitas menulis mereka.
Copyrights © 2025