Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 15 No. 2 (2025)

PENGGUNAAN APLIKASI WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI : USING THE WEBTOON APPLICATION TO IMPROVE FICTION STORY WRITING SKILLS

Brilianthi, Komang Selina (Unknown)
Sudiana, I Nyoman (Unknown)
Indriani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi melalui penggunaan aplikasi Webtoon. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas X TJKT 1 SMKN Bali Mandara dan guru Bahasa Indonesia. Objek penelitian meliputi langkah-langkah penggunaan aplikasi Webtoon, hasil menulis cerita fiksi, dan respons siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai menulis siswa adalah 74 dengan 43,48% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP). Pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 86 dengan 95,65% siswa mencapai KKTP. Siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan Webtoon, yang dinilai lebih menarik dibandingkan metode konvensional. Webtoon terbukti efektif dalam membantu siswa memahami struktur cerita fiksi dan mengembangkan kreativitas menulis mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...