Ensiklopedia of Journal
Vol 7, No 4 (2025): Vol. 7 No. 4 Edisi 1 Juli 2025

ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL DAN IKLIM SEKOLAH YANG DIMODERASI OLEH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS PENGAJARAN DI SMPN KABUPATEN INDRIGIRI HILIR

Rahayu, Susi Tri (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)
Herlinawati, Herlinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis berbagai hubungan antara variabel yang berpengaruh terhadap kualitas pengajaran di SMPN Kabupaten Indragiri Hilir. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis hubungan kompetensi profesional dengan kualitas pengajaran; (2) mengetahui dan menganalisis hubungan iklim sekolah dengan kualitas pengajaran; (3) mengetahui dan menganalisis hubungan supervisi akademik dengan kualitas pengajaran; (4) mengetahui dan menganalisis hubungan kompetensi profesional dengan supervisi akademik; (5) mengetahui dan menganalisis hubungan iklim sekolah dengan supervisi akademik; (6) mengetahui dan menganalisis hubungan kompetensi profesional yang dimoderasi oleh supervisi akademik terhadap kualitas pengajaran; serta (7) mengetahui dan menganalisis hubungan iklim sekolah yang dimoderasi oleh supervisi akademik terhadap kualitas pengajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Penelitian ini melibatkan guru-guru sebagai responden utama dan dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 143 orang guru, dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis SEM untuk menginterpretasikan dan menganalisis data yang diperoleh melalui program Smart PLS 4.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dari tujuh jalur hubungan yang dianalisis, lima di antaranya menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kompetensi Profesional terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pengajaran dan Supervisi Akademik, menandakan bahwa penguasaan materi, kemampuan pedagogik, dan profesionalisme guru sangat menentukan mutu pembelajaran serta keterbukaan terhadap pembinaan akademik. Iklim Sekolah tidak berpengaruh langsung terhadap Kualitas Pengajaran, namun berpengaruh signifikan terhadap Supervisi Akademik, menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif mendukung pelaksanaan supervisi yang efektif. Supervisi Akademik sendiri memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Pengajaran, menegaskan pentingnya pendampingan berkelanjutan bagi guru. Secara tidak langsung, Iklim Sekolah berpengaruh terhadap Kualitas Pengajaran melalui Supervisi Akademik, sedangkan pengaruh tidak langsung Kompetensi Profesional melalui supervisi tidak signifikan, sehingga kontribusi kompetensi guru lebih kuat secara langsung. Key words: Kompetensi Profesional, Iklim Sekolah, Supervisi Akademik, Kualitas Pengajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ensiklopedia

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Ensiklopeda of Journal mendorong seluruh ahli hukum, sosial, politik, bahasa, dan ilmu pendidikan untuk turut berkontribusi melalui artikel dan/atau book review. Ensiklopeda of Journal terbit tiap 1 Kali per 3 bulan, dalam satu volume, yakni di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Ensiklopeda of ...