Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh (1) Pelayanan perpustakaan terhadap Minat baca (2) Koleksi buku terhadap Minat baca (3) Peran dosen terhadap Minat baca (4) Pelayanan perpustakaan, Koleksi buku dan Peran dosen secara bersama-sama terhadap Minat baca mahasiswa Di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Sampel dalam penelitian ini seluruh pegawai Di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang sebanyak 100 orang dengan menggunakan Slovin (Marzuki, 2020). Teknik menguji hipotesi menggunakan Regresi Linear Berganda melalui IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelayanan perpustakaan memberikan pengaruh signifikan yang positif terhadap Minat baca (2) Koleksi buku memberikan pengaruh yang positif terhadap Minat baca (3) Peran dosen memberikan pengaruh yang positif terhadap Minat baca (4) Pelayanan perpustakaan, Koleksi buku dan Peran dosen secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Minat baca mahasiswa Di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Saran Minat beli buku mahasiswa ditingkatkan, Pelayanan Layanan perpustakaan yang cukup baik dapat memenuhi kebutuhan perpustakaan dengan menyediakan koleksi yang relevan, tenaga yang profesional, dan sistem pelayanan yang cepat. Koleksi buku di perpustakaan bisa rendah karena berbagai faktor, seperti: Kurangnya akses terhadap bahan bacaan, Kurangnya variasi bahan bacaan, Kurangnya sarana dan prasarana, Kurangnya pengetahuan staf perpustakaan, Penempatan bahan pustaka yang tidak sistematis. Dosen yang baik dan profesional memiliki kemampuan untuk pelaksanakan tugasnya dengan baik, (menguasai materi kuliah dengan baik dan mendalam); memiliki keterampilan mengajar yang baik; Memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawabnya; memiliki kemampuan komunikasi yang baik Memiliki selera humor yang baikKata Kunci : Pelayanan perpustakaan, Koleksi buku, Peran dosen, Minat baca 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025