Jurnal Ilmiah Spirit
Vol 25 No 2 (2025): JURNAL ILMIAH SPIRIT

UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ATLETIK LARI CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN BERMAIN

Kuncoro, Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran lari cepat melalui metode bermain pada sis kelas V SD Negeri 1 Kemiri Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu salah satu jenis penelitian yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi yaitu melakukan pengamatan terhadap subyek penelitian dengan lembar observasi yang sudah disiapkan, pengamatan sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran serta angket. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan catatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil pembelajaran lari cepat menggunakan metode bermain. Peningkatan ditunjukan adanya peningkatan motivasi, kerjasama dan perkembangan gerak lari cepat siswa dalam pembelajaran. Hasil dari pra siklus terdapat 3 siswa yang berhasil tuntas belajar dengan persentase nilai rata-rata hasil belajar 44%. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang berhasil tuntas belajar dengan persentase nilai rata-rata hasil belajar 69%. Sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa yang berhasil tuntas belajar dengan persentase nilai rata-rata hasil belajar 81%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah SPIRIT (JIS) per Vol.20 No.1 (2020) menggunakan cover dengan desain baru, sebagai representasi progresivitas jurnal menuju pengajuan akreditasi jurnal. Desain dengan warna dominasi biru dan font berwarna orange menyala melambangkan bahwa JIS semakin luas kemanfaatannya bagi khazanah ...