Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 7 No 01 (2025): APRIL

Hubungan Antara Kebiasaan Digital Siswa Kelas VI dengan Prestasi Belajar MI Al Mujahidi Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Ratnasari, Khurin In (Unknown)
Melinda, Vannisa Aviana (Unknown)
Nurhidayati, Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital saat ini membawa dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Kebiasaan digital siswa, seperti penggunaan gadget dan akses terhadap internet, menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan digital siswa dengan prestasi belajar siswa kelas 6 di MI Al Mujahidi Tembokrejo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi nilai siswa dan analisis data menggunakan korelasi ,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup secara simultan antara kebiasaan digital siswa dengan prestasi belajar mereka. Observasi menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media digital secara positif, seperti untuk belajar daring atau mencari informasi pendidikan, cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Sebaliknya, siswa yang lebih banyak menggunakan perangkat digital untuk bermain game atau media sosial menunjukkan hasil belajar yang lebih rendah. Dengan demikian, kebiasaan digital yang terarah dan positif dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

auladuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam ...