Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol. 13 No. 3 (2025)

PERANCANGAN APLIKASI MOBILE LOST AND FOUND DI LINGKUNGAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Gilang Chandra Wijaya, Gede (Unknown)
Tri Anindia Putra, I Nyoman (Unknown)
Nia Naryantika, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, masalah kehilangan barang di lingkungan kampus menjadi isu yang sering dihadapi. Kehilangan barang berharga seringkali menyebabkan keresahan dan kesulitan bagi pemiliknya untuk melacak kembali barang yang hilang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Lost and Found berbasis mobile yang dapat memfasilitasi pengguna dalam melaporkan dan menemukan barang hilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang mampu mengintegrasikan berbagai fitur penting, seperti pelaporan barang hilang/temuan, pencarian berdasarkan kata kunci dan lokasi, serta komunikasi langsung antara penemu dan pemilik barang. Pengujian fungsional juga menunjukkan bahwa semua fitur aplikasi berfungsi dengan baik. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dalam menangani masalah kehilangan barang di kampus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...