Abstrak: Maraknya modus penipuan keuangan modern dan ketidakmampuan sebagian besar masyarakat dalam mengambil keputusan keuangan secara bijaksana, menjadikan pendidikan literasi keuangan sangat dibutuhkan masyarakat. Tujuan Program Pengabdian bagi guru dan siswa SD. untuk memberikan pengetahuan dasar keuangan dan penyadaran pentingnya “good habit” pribadi/keluarga sejak dini. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 20 guru dan 67 siswa. Guru mendapat pelatihan Finacial Life Skill-Modul Usaid, sementara siswa melakukan simulasi menggunakan board game Petualangan Anak Pintar. Berdasarkan hasil Evaluasi melalui FGD dan Survey, seluruh (100%) peserta menyatakan materi sesuai dengan kebutuhan,bermanfaat dan mudah diikuti Sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan berpikir Kritis dalam membuat keputusan keuangan,seperti membuat anggaran, mengelola keuangan dan merencanakan tabungan. Dan para guru menilai adanya peluang untuk mengadaptasikan materi FLS ke dalam Kurikulum SD. Penggunaan board game PAP sebagai metode yang menarik dan efektif untuk siswa mengenal literasi keuangan. Namun masih diperlukan inovasi materi yang disesuaikan dengan kemampuan siswa pada tingkat - Kelas IV, V, VI.Abstract: The increasing prevalence of modern financial fraud schemes and the general public’s limited capacity to make sound financial decisions underscore the urgent need for financial literacy education. This community service program, targeted at elementary school teachers and students, aims to provide fundamental financial knowledge and raise awareness about the importance of developing "good habits" at the individual and family levels from an early age. The program involved 20 teachers and 67 students. Teachers received training using the Financial Life Skills (FLS) module developed by USAID, while students participated in simulations through the Petualangan Anak Pintar (Smart Kids’ Adventure) board game. Evaluation results from focus group discussions (FGDs) and surveys revealed that all participants (100%) found the material relevant to their needs, beneficial, and easy to follow. The program significantly enhanced participants' confidence and critical thinking skills in making financial decisions, such as budgeting, managing finances, and planning savings. Furthermore, teachers identified the potential to integrate FLS materials into the elementary school curriculum. The use of the PAP board game proved to be an engaging and effective method for introducing financial literacy to students. Nevertheless, there remains a need for material innovation tailored to the cognitive abilities of students in Grades IV, V, and VI.
Copyrights © 2025