JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 8, No 1: April 2025

Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS di Kota Kediri

Hidayati, Reny Nuril (Unknown)
Aka, Kukuh Andri (Unknown)
Naharia, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini bermula dari banyaknya siswa yang kurang memahami konsep IPAS secara mendalam. Hal ini ditunjukkan dari  rendahnya hasil belajar IPAS siswa dan kurangnya partisipasi aktif dalam pembelajaran. Urgensi penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPAS di Kota Kediri.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan penilaian hail belajar. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi Problem Based Learning (PBL) yakni pada pra siklus ketuntasan siswa pada pembelajaran IPAS mencapai 38%, sedangkan siklus I meningkat menjadi 62%, dan siklus II meningkat kembali menjadi 88%.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi IPAS di Kota Kediri. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...