Penalaran adalah proses berpikir yang sistematis untuk menghubungkan fakta dan menarik kesimpulan logis. Penalaran matematis merupakan inti dari pembelajaran matematika karena melibatkan proses berpikir kritis dan sistematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Bonepantai modul pembelajaran yang fokus pada penalaran matematis yang fokus pada materi operasi matriks. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain modul, validasi ahli, uji coba terbatas, serta implementasi pada siswa kelas XI. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matriks yang didasarkan pada penalaran matematis valid, praktis, dan efektif. 88% siswa mencapai nilai di atas KKM (≥70), dengan rata-rata 80.18, dan angket siswa menemukan bahwa kepraktisan modul sangat baik, dengan skor rata-rata 90%. Oleh karena itu, modul pembelajaran matriks yang didasarkan pada penalaran matematis dianggap valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pelajaran matematika yang berkaitan dengan materi operasi matriks.
Copyrights © 2025