Penelitian ini merupakan kajian sistematis terhadap 25 artikel ilmiah yang membahas penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ren publikasi, jenjang pendidikan yang menjadi sasaran, serta efektivitas model TGT dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan identifikasi, penyaringan, dan analisis artikel yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2016-2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa trend publikasi meningkat sejak 2018, dengan puncak pada tahun 2024. Jenjang pendidikan yang paling dominan adalah SMP/MTs. Model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, keaktifan, minat dan motivasi belajar, serta aspek lainnya seperti komunikasi matematika, kolaborasi, pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Meskipun demikian, terdapat satu artikel yang mengulas hambatan implementasi model TGT. Temuan ini mengindikasikan bahwa aspek tantang masih belum banyak dibahas, sehingga menjadi peluang untuk penelitian selanjutnya. Secara keseluruhan, model TGT dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran kooperatif yang menyenangkan dan efektif dalam pembelajaran matematika, terutama di jenjang pendidikan menengah pertama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025