Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika suku Sasak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga tahun ajaran 2024/2025. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan uji effect size menggunakan rumus Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) bernuansa etnomatematika suku Sasak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 2 Suralaga Tahun Ajaran . Hasil uji effect size menunjukkan nilai d = 0,665, artinya pengaruh yang diberikan termasuk dalam kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025