Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas e-modul pembelajaran Ekonomi berbasis Learning Management System (LMS) SELA pada siswa kelas XI MAN Sibolga. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen (n = 28) dan kelas kontrol (n = 30), yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Namun, penelitian ini belum menjelaskan secara rinci karakteristik demografis peserta didik, yang dapat memengaruhi generalisasi temuan. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi, lembar observasi, dan soal pretest–posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi (85,41%), ahli media (89,71%), dan ahli desain pembelajaran (89%). Uji efektivitas menggunakan Independent Samples t-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol (p < 0,001), dengan rata-rata skor posttest 80,67 (eksperimen) dan 66,50 (kontrol). Meski hasilnya menunjukkan bahwa e-modul berbasis LMS SELA efektif dalam meningkatkan hasil belajar, keterbatasan dalam pelaporan metodologi, seperti minimnya informasi demografis sampel dan kurang detailnya prosedur pengembangan, menjadi catatan penting bagi penelitian lanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan bahan ajar digital di madrasah yang responsif terhadap tantangan pembelajaran abad ke-21.
Copyrights © 2025