Artikel ini mengkaji efektivitas strategi metakognitif dalam pembelajaran melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2018 hingga 2024. Kajian ini berfokus pada penerapan strategi metakognitif yang mencakup perencanaan, pemantauan, dan evaluasi diri pada berbagai jenjang pendidikan dan mata pelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif yang konsisten terhadap empat aspek utama, yaitu: (1) keterampilan berpikir kritis dan reflektif, (2) self-efficacy dalam belajar, (3) pemahaman konsep dan penalaran logis, serta (4) keterampilan pemecahan masalah. Meskipun sebagian besar penelitian mendukung efektivitas strategi ini, satu penelitian menunjukkan temuan berbeda yang menekankan pentingnya peran guru dalam optimalisasi implementasi. Temuan ini menggarisbawahi perlunya integrasi strategi metakognitif dalam praktik pembelajaran di kelas dan membuka peluang penelitian lanjutan, terutama terkait dampak jangka panjang serta penerapan adaptif dalam berbagai konteks pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025