Abstrak Penelitian ini membahas pengelolaan Sumber Daya Insani (SDI) berbasis maqāṣid syarīʿah sebagai strategi untuk meningkatkan etos kerja tenaga pendidik di lembaga pendidikan Islam. Pendekatan maqāṣid mencakup lima aspek utama: menjaga agama (ḥifẓ al-din), jiwa (ḥifẓ al-nafs), akal (ḥifẓ al-‘aql), keturunan (ḥifẓ al-nasl), dan harta (ḥifẓ al-mal). Melalui pendekatan ini, pengelolaan tenaga pendidik dilakukan secara lebih holistik, dengan memperhatikan dimensi spiritual, emosional, dan kesejahteraan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip maqaṣid syari’ah mampu meningkatkan motivasi, loyalitas, serta profesionalisme guru secara signifikan, sehingga berdampak positif terhadap mutu pembelajaran dan keberlangsungan pendidikan Islam yang berkualitas. Kata Kunci: SDI, Maqaṣid Syariah, Etos Kerja, Tenaga Pendidik, Pendidikan Islam Abstract This study discusses the management of Human Resources (HR) based on maqāṣid syarīʿah as a strategy to enhance educators’ work ethic in Islamic educational institutions. The maqaṣid framework includes five main principles: protection of religion (ḥifẓ al-din), life (ḥifẓ al-nafs), intellect (ḥifẓ al-‘aql), lineage (ḥifẓ al-nasl), and wealth (ḥifẓ al-mal). This approach promotes a holistic HR management model by considering the spiritual, emotional, and material well-being of teachers. The findings indicate that implementing these principles significantly improves educators’ motivation, loyalty, and professionalism, thereby contributing to the quality and sustainability of Islamic education. Keywords: Human Resources, Maqaṣid Syari’ah, Work Ethic, Educators, Islamic Education
Copyrights © 2025