Tujuan penelitian ini adalah pengembangan dan penelitian pada pembuatan media permainan jalur engklek yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Sasaran audiens media ini adalah siswa usia 4-6 tahun. Dilatarbelakangi oleh belum adanya media pengembangan yang diterapkan pada aktivitas motorik kasar dan kurangnya antusiasme dan keterlibatan siswa dalam mengikuti aktivitas tersebut, permainan jalur engklek ini dibuat untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak di TK Khodijah Mulyojati Kota Metro. Paradigma penelitian dan pengembangan yang diusulkan oleh Borg dan Gall digunakan dalam karya ini. Tiga puluh siswa kelompok usia 4-6 tahun dari TK Khodijah Mulyojati berpartisipasi dalam proyek penelitian dan pengembangan media ini menggunakan jalur engklek. Kuesioner, wawancara langsung, dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Terdapat dua jenis analisis data yang digunakan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berikut ini adalah beberapa temuan penelitian: 1) hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media layak digunakan, dengan skor 93,3% dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media layak digunakan, dengan skor 97,5% dalam kategori sangat layak. 2) hasil observasi tahap I menunjukkan bahwa media permainan engklek dapat membantu anak dalam mengasah motorik kasar, sesuai dengan harapan, dengan skor rata-rata 61,77%, dan hasil observasi tahap II menunjukkan hal yang sama, dengan skor rata-rata 95,33%. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan jalur engklek sebagai media pembelajaran merupakan cara yang tepat untuk membantu anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan motorik kasarnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025