Urgensi peningkatan praktik pendidikan di Indonesia, khususnya di pendidikan dasar, memerlukan metode pengajaran inovatif yang melibatkan siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang dibantu oleh media Wordwall dalam matematika Kelas III di SDN 44 Ampenan. Memanfaatkan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan populasi siswa kelas tiga, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel dengan tujuan, dengan fokus pada kelompok siswa tertentu, meskipun jumlah sampel yang tepat tidak ditentukan. Temuan menunjukkan bahwa model PBL, ketika diintegrasikan dengan media Wordwall, mendorong keterlibatan siswa yang lebih besar dan meningkatkan pemahaman tentang konsep matematika. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengadopsi strategi pengajaran inovatif semacam itu dapat secara signifikan meningkatkan hasil pembelajaran di pendidikan dasar, mendorong pendidik untuk mengeksplorasi metodologi serupa di ruang kelas mereka. Penelitian ini berkontribusi pada wacana berkelanjutan tentang praktik pengajaran yang efektif di lanskap pendidikan Indonesia, menyoroti potensi alat pembelajaran berbantuan teknologi dalam mendorong keberhasilan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025